Dewasa ini dunia pendidikan terus bergerak secara dinamis dalam menciptakan media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat beberapa jenis media pembelajaran yang digunakan diantaranya media teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi dan terakhir adalah teknologi komputasi multimedia. Perkembangan di atas berangkat dari sebuah penelitian, dimana media pembelajaran telah terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Werti, 2004;21). Selain efektif dalam menjelaskan banyak persoalan yang kompleks (Saraswati, 2005;60), cara belajar yang irit waktu (Saraswati, 2002;12), meningkatkan interesting siswa, mengurangi kebosanan, dan lebih bersemangat untuk mengembangkan bahan pelajarannya (Rohani, 1997;50). Namun ironisnya, berdasarkan hasil penelitian tentang profil guru Sosiologi dan Antropologi se Jawa Tengah yang dilakukan oleh HIMPRO Sosiologi & Antropologi Fis Unnes menunjukkan bahwa masih sedikitnya guru Sosiologi & Antropologi yang memproduksi media pembelajaran untuk digunakan pada saat proses belajar mengajar. Entah kendala apa yang menyebabkan keadaan di atas, namun dari penelitian yang sama di temukan bahwa dari 123 sekolah tingkat SMA yang diteliti hanya terdapat 12 guru yang berasal dari ilmau yang sama, selebihnya berlatar belakang disiplin ilmu yang berbeda, diantaranya dari jurusan PKK, Geografi, Seni, Sejarah, Bahasa Prancis, dan Bahasa Jawa. Serta ditambah lagi dengan penggunakan sumber belajar yang sebagian besar menggunakan buku paket. Menyikapi kondisi di atas, perlu kiranya para instansi dan lembaga yang terkait, diataranya; LPTK prodi pendidikan Sosiologi & Antropologi, MGMP Guru Sosiologi dan Antropologi, Puskur Sosiologi dan Antropologi, Pihak Sekolah, melakukan koordinasi bersama untuk menjawab kelangkaan media pembelajaran yang digunakan saat PBM berlangsung dan sekaligus memetakan input pengajar mata pelajaran diatas dengan lebih profesional. Sehingga out put pendidikan tercapai dengan maksimal.
Rabu, 08 Agustus 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar